Skip to main content

follow us


"Ternyata mengonsumsi buah beri terbukti dapat menurunkan berat badan"

Tanaman buah beri atau buah kerson adalah tanaman yang umumnya hidup subur di Asia atau Amerika Latin. Beberapa jenis buah beri antara lain adalah Blackberry, Rasberi, Blueberry dan Stroberi.

Meski berukuran kecil, ternyata buah yang satu ini memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah untuk diet. Benarkah demikian? Mari kita ulas bersama manfaat lain yang terkandung di dalamnya.

1. Sebagai Menu Diet


Sebuah studi yang dilansir dari laman liputan6.com menyatakan bahwa mengonsumsi buah beri dapat mencegah terjadinya obesitas. Hal ini dikarenakan buah beri memiliki kandungan kalori yang rendah disertai serat yang tinggi. Ingin diet tapi susah menahan rasa lapar? Buah beri adalah solusinya. Anda bisa makan lebih banyak dan merasa kenyang tanpa perlu takut berat badan naik.

2. Mengandung Banyak Vitamin C


Secara umum, sedikitnya terdapat 150 mg vitamin C pada setiap 100 gram buah beri. Bahkan salah satu buah beri, yaitu stroberi memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan buah jeruk.

Diketahui bahwa vitamin C memiliki banyak sekali manfaat, seperti meredakan flu, demam, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mengobati beberapa penyakit lainnya.

3. Baik Bagi Penderita Diabetes


Bila nanas berguna untuk menaikkan kadar gula darah, buah beri justru sebaliknya. Mengonsumsi buah beri seperti stroberi atau rasberi secara rutin akan membantu menurunkan kadar gula darah secara alami, terutama bagi penderita diabetes.

4. Kaya Beta-karoten dan Zat Besi


Salah satu jenis buah beri, yaitu Goji Beri ternyata dapat menyehatkan mata lebih baik dibandingkan wortel karena mengandung beta-karoten yang lebih tinggi. Goji Beri juga kaya akan zat besi yang sangat penting untuk membentuk hemoglobin yang memiliki tugas menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu efek kekurangan zat besi adalah anemia.

5. Beri Hitam Dapat Meningkatkan Sistem Kerja Otak


Beri hitam atau yang lebih dikenal Black Berry ternyata mampu mengurangi zat protein beracun yang terdapat pada otak sehingga meningkatkan fungsi kognitif. Bahkan studi dari US Human Nutrition Research Center on Ageing menyimpulkan bahwa beri hitam dapat mencegah terjadinya Alzheimer.

6. Beri Biru Mencegah Penyakit Jantung, Kanker hingga Mengembangkan Massa Tulang


Buah beri, khususnya beri biru memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah tubuh dari serangan penyakit jantung atau sel kanker.

Bukan hanya itu, sebuah studi dari Journal of Bone and Mineral Research membuktikan bahwa beri biru juga dapat mengembangkan massa tulang. Oleh karena itu beri biru dapat mencegah kehilangan masa tulang wanita yang telah melewati masa menopause.

7. Meredakan Sakit Kepala


Sakit kepala umumnya terjadi akibat penyempitan pembuluh darah di otak. Buah beri memiliki fungsi untuk merelaksasi pembuluh darah sehingga darah yang tersumbat dapat mengalir dengan lancar.

8. Mengobati Arthritis


Arthritis merupakan peradangan atau nyeri pada sendi yang terjadi seiring bertambahnya usia. Salah satu jenis buah beri, yaitu Raspberi, dapat membantu mengatasi penyakit ini berkat sifat anti-inflamasi yang kuat.

9. Menyehatkan Kandung Kemih


Jenis Buah Beri yang dapat menyehatkan kandung kemih adalah Cranberi, hal ini lantaran kandungan proanthocyanidins yang dapat melepaskan bakteri E.coli pada dinding kandung kemih.

Ternyata buah beri tidak hanya untuk menurunkan berat badan. Bahkan setiap jenis buah beri memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Buah kecil dengan manfaat beragam. Jadi jangan ragu lagi untuk mengonsumsi buah beri sebagai camilan harian Anda.

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar